BARANDA

Minggu, 23 Oktober 2011

TERAPAN TEORI BAHASA DAN OTOMATA

Terapan -Terapan Teori Bahasa dan otomata
Bahasa pada aras formal diartikan hanya sebagai kumpulan/himpunan yang memenuhi grammer dibahasa itu. Misalnya:
·         Program bahasa Pascal adalah string yang dirangkai dari alpabet bahasa Pascal (identifier, keyword) yang memenuhi grammer bahasa Pascal.
·         Program bahasa C adalah string yang dirangkai dari alpabet bahasa C (identifier, keyword) yang memenuhi grammer bahasa C.
·         Program bahasa Java adalah string yang dirangkai dari alpabet bahasa Java (identifier, keyword) yang memenuhi grammer bahasa Java.
a. Bahasa Pascal
Aspek Lesik
Spesifikasi bahasa selalu menyatakan terlebih dulu karakter pembentuk bentukan-bentukan lesiknya. Pada Pascal himpunan alpabet VT = { ‘a’..’z’, ’0’..’9’, ’,’, ‘;’, ‘.’, ‘=’, ‘<’, ‘>’, ‘^’, ‘%’, ‘(‘, ‘)’, ‘_’, ‘-‘, ‘+’, ‘’’,’/’}.
Alpabet ini kemudian digunakan untuk membentuk token yang berupa keyword dan identifier misalnya if, then, <, >, <>, nama variabel, nama fungsi, nama prosedur dst. yang memenuhi leksik pascal. Token-token ini yang selanjutnya menjadi alpabet pembentuk bentukan-bentukan kalimat/string di Pascal. Satu token diartikan satu karakter di alpabet untuk pembentukan kalimat.
Aspek sintaks
Pembentukan sintaks yang dapat diterima adalah penyambungan token-token yang memenuhi syarat sintaks Pascal: misalnya syarat pembentukan kalimat/string IF…THEN, IF…THEN…ELSE,WHILE DO…, REPET….UNTIL, FOR..TO ..DO…, Function….., Procedure…, dsb.Susunan penyambungan token-token yang memenuhi syarat-syarat Pascal merupakan kalimat/string di Pascal. Seluruh kalimat/string harus memenuhi bahasa Pascal adalah yang dibolehkan memenuhi program dibahasa Pascal.
Aspek Semantik
Setelah memenuhi 2 aspek diatas juga harus memenuhi aspek semantikseperti dalam pernyataan perkaliannya sbb:       var1 := var2 * var3;
Hanya memiliki arti bila var1 merupakan tipe numerik, begitu juga var2 dan var3. Perkalian diatas tidak bermakna (salah secara semantik)  bila antara var2 dan var3 tipenya berbeda.
Setelah memenuhi 3 aspek diatas maka dapat diterima sebagai program pascal, kompialtor akan melakukan translasi program menjadi string padanan dalam bahasa mesin, dan biladijalankan akan menghasilkan efek yang sama maknanya dengan yang dikehendaki didalam program (string) bahasa Pascal.

b. Pengolahan Kata
Pada perangkat lunak pengolahan kata (misalnya Ms.Word), Pengolah teks semacam NotePad memanang dokumenn diolahnya sebagia string. Pencarian kata tertentu, berarti pencarian apakahterdapat substringkata tertentu di dokumen/string yang sedang diolah.

c. Aplikasi Genetik
Penerapannya tidak terbatas dipengolahan kata dan teks, tapi pada aplikasi genetik misalnya untuk pemetaan gen makhluk hidup maka rangkaian gen adalah string gen yang karakter pembentuknya adalah empat karakter yang menyatakan basa. Pencarian substring gen tertentu merupakan hal yang sering dilakukan untuk mengetahui apakah makhluk mempunyai sifat tertentu.

d. Basisdata  Sistem Unix
Pemahaman string sangat penting karena kebanyakan fasilitas di Unix direpresentasikan dengan rangkaian teks ASCII. Basisdata Sistem (data-data untuk mengatur sisem Unix) terdapat di direktori/etc/ misalnya /etc/passwd merupakan basis  data untuk konfigurasi dan pengendalian pemakai sistem merupakan dokumen/file ASCII.
Dengan cara itu, pengkonfigurasian dan pengendalian sistem Unix berubah menjadi manipulasi terhadap string ASCII.

e. Server-side script Programing
PHP, ASP(active server Page), JSP (Javva Server Page) dsb. yang merupakan Server-side scrip Programing berupaya membangkitkan dokument HTML yang dapat ditampilkan oleh browser sebagai informasi yang diperlukan oleh pemakai. Sementara itu, dokumen HTML sendiri merupakan dokumen ASCII atau string ASCII yang akan diinterpretasi oleh Web Browser menjadi tampilan-tampilan. Tampilan-tampilan ini kemudian sebagai sarana untuk menyampaikan makna sesuatu ang diterima oleh pemakainya.
Server-side scrip Programing terutama merupakan pengolahan untuk menghasilkan string ASCII yang memenuhi grammer HTML dimana tampilannya mempunyai makna informasi yang diperlukan. Dengan demikian pemahaman string sangat amat diperlukan saat melakukan Server-side scrip Programing ini.


f. Printer Language
Pada printer Hewlet packard terdapat bahasa PostScript dan bahasa PDL. Dengan keduanya maka dokumen-dokumen misalnya dokumen MsWord.doc ketika dicetakberarti seluruh dokumentersebut diubah menjadi berbentuk stringyang termasuk kedalam kalimat PDL atau  PostScript oleh suatu lapisan perangkat lunak ( Print Manager di Ms.Windows ) setelah itu, Print Spooler akan mengirim dokumen ke bahasa yang dimengerti oleh printer tsb. Saat diterima oleh printer maka dokumen  tersebut dimuatkan ke buffer memory di printer. Setelah itu secara berurutandibaca dan diterjemahkan menjadi pergerakan-pergerakan mekanik printer untuk menghasilkan cetakan yang dikehendaki.


g. Command Line
Saat ini GUI (Graphical User Interface) telah mempopuler. Namun apakah baris perintah (Command Line) mati dengan seketika seluruhnya. Tidak juga. Keduanya mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing yang tidak saling menggantikan.
Command Line merupakan kalimat tertentu-tertentu saja. Kalimat-kalimat yang tertentu berarti kalimat-kalimat yang dibentuk dari rangkaian karakter yang mengikuti suatu grammer tertentu.


h. Homomorphism
Homomorphism inilah yang merupakan landasan penerjemahan satu  bahasa menjadi bahasa lain. Dari program yang ditulis dari bahasa Pascal yang mempunyai alpabet karakter ASCII. Token-token Pascal menjadi program padanannya dalam bahasa mesin yang siap dieksekusi pemroses.
Pemetaan ini tidak merupakan pemetaan satu-ke-satu sehingga bentuk IF..THEN…dapat diterjemahkan menjadi beberapa kalimat di bahasa mesin. Yang terpenting adalahmakna yang sama berada di string alpabet (kode mesin) baru yang dihasilkan bahasa yang baru (mesin).


Referensi :
  Bambang Hariyanto. Teori Bahasa, Otomata, dan Komputasi serta terapannya. Penerbit Informatika Bandung, 2004 



Nama      : Hidayatul Ilmiyah
Kelas      : IF'09 - A
NIM        : 120911072

Tidak ada komentar:

Posting Komentar